Menggunakan Find dan
Replace pada Ms.Word 2013
Jumpa lagi kawan, kali ini saya bakal berbagi ilmu penggunaan
Ms.Word. Disini saya pengen jelasin kegunaan tool Replace dan Find serta
cara penggunaannya. G usah lama –
lama, langsung aja kita ke penjelasannya berikut.
Find berfungsi untuk mencari kata ataupun
kalimat inputan kita yang ada pada dokumen aktif kita. Jadi kita g perlu repot
– repot nyariin secara manual ngeliat sambil melotot mana kata atau kalimat
yang kita cari di dokumen kita, iya kalau cuma 1 halaman aja sih g masalah, lah
kalo ada 10 halaman atau lebih gimana hayo. Sampek adzan subuh mungkin baru
ketemu,, hehehe
Lalu untuk Replace berfungsi untuk menggantikan kata ataupun kalimat didalam
dokumen kita dengan inputan kata atau kalimat yang berbeda. Jadi Replace disini
dengan kata lain sama seperti tool Find untuk mencari lalu menggantikannya
dengan inputan kata / kalimat baru. Untuk contoh penggunaannya langsung aja
kita simaks penjelasan berikut.
1. Penggunaan tool Find
-
Buka
Ms.Word atau dokumen kita
-
Pada
submenu Editing, klik Find atau cara singkatnya tekan Ctrl+F pada keyboard
-
Lalu
masukkan saja kata yang ingin kita cari
2. Penggunaan tool Replace
-
Buka
Ms.Word atau dokumen kita
-
Pada
submenu Editing, klik Replace atau cara singkatnya tekan Ctrl+H pada keyboard
-
Ketikkan
saja pada “Find what” kata yang ingin diganti, lalu pada “Replace with”
ketikkan kata penggantinya.
-
Lalu
pilih “Replace” untuk menggantikan satu kata saja pada hasil pencarian,
“Replace All” untuk menggantikan keseluruhan pada dokumen, dan “Find Next”
untuk melihat pencarian berikutnya jika ada.
-
Misalnya
:
Maka kata
replace pada dokumen akan digantikan dengan kata ganti
Semoga bermanfaat…